Wisata Bengkulu

Wisata Bengkulu

Wisata Bengkulu

1. Bukit Batu Kandis
Tak hanya Bukit Kaba, wisata Bukit Batu Kandis ini juga wajib Anda kunjungi. Ketika sampai lokasi tersebut, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa bukit yang berbentuk seperti Spinx di Mesir. Pepohonan yang rindang dan pegunungan yang berjajar membuat panorama di kawasan Bukit Batu Kandis semakin mengagumkan.

Bukit Batu Kandis sangat cocok bagi para wisatawan yang mendambakan wisata yang nyaman, tenang, dan jauh dari kebisingan kota. Untuk sampai ke lokasi, Anda perlu melalui jalanan yang bermedan cukup terjal. Meski begitu, perasaan lelah akan hilang seketika ketika sampai ke Bukit Batu Kandis ini. Hawanya yang begitu sejuk juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai informasi, Bukit Kandis ini juga sering dijadikan sebagai arena latihan olah raga panjat tebing. Tak hanya itu, Bukit Kandis juga dijadikan sebagai tempat untuk berkemah bagi siapapun wisatawan yang ingin menikmati pesona alam di malam hari. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata ini, maka bisa menuju ke Desa Durian Demang, Bengkulu Tengah.

Perlu Anda ketahui, bukit ini juga dikenal sebagai tempat pertama kali ditemukannya Bunga Rafflesia Arnoldi tahun 1818. Sampai saat ini Anda tetap bisa menyaksikan flora langka yang dilindungi negara ini di lokasi tersebut. Keunikan wisata alam ini semakin bertambah karena adanya kolam air yang tak bisa mengering. Konon, air ini tidak akan kering meski musim kemarau menerpa.

Alamat: Jl. Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.

2. Pantai Linau
Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Kaur, Bengkulu. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi wisata yang satu ini, karena tarif yang dikenakan hanya Rp5.000 saja. Pantai Linau buka selama 24 jam dari hari Senin-Minggu. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di pantai Linau seperti rumah makan, kamar mandi, dan juga masjid. Pantai Linau ini memiliki perairan yang biru dan juga jernih dan pasir yang berwarna kecoklatan. Ombak nya sendiri yaitu sekitar 3 meteran. Kontur dari pantai yang satu ini landai. Sehingga sangat memungkinkan bagi para wisatawan yang berkunjung untuk bermain air di pinggir pantai.

Selain itu, keunikan yang ada di pantai Linau ini adalah para wisatawan dapat memancing ikan sendiri sehingga hasil pancingan tersebut bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ciri khas dari pantai Linau yang ada di Bengkulu ini yaitu gurita kering atau yang masih segar hasil tangkapan dari para nelayan yang ada di situ. Yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta di rumah.

Alamat: Jl. Lintas Barat, Linau, Kec. Maje, Kab. Kaur, Bengkulu.

3. Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu yaitu pantai yang berlokasi di Kota Bengkulu. Fasilitas yang disediakan di Pantai Panjang Bengkulu ini yaitu ada tempat makan, hotel, dan juga penginapan Sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa bermalam di pantai tersebut sembari menikmati keindahan Pantai Panjang Bengkulu.

Sesuai dengan namanya, pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang yang ada di Indonesia yaitu panjangnya yang mencapai 7 km. Ombak Pantai Panjang Bengkulu ini tenang. Sehingga bagi para wisatawan yang berkunjung bisa bermain air di sepanjang pinggir pantai pantai. Panjang Bengkulu ini memiliki pasir putih yang indah dan pepohonan di sepanjang pantai. Menikmati sunset di pantai Panjang Bengkulu ini tidak kalah menarik keindahannya. Ditambah lagi dengan suasana pantai yang sangat mendukung.

Alamat: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu.

4. Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur
Wisata yang selanjutnya yaitu Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur berlokasikan di Kabupaten Kaur, Bengkulu. Keunikan yang ada di pantai Kaur ini yaitu adanya mitos kutukan Si Pahit Lidah. Mitos tersebut yaitu konon katanya pada dahulu kala ada sebuah perahu yang sedang berlayar. Saat berlayar perahu tersebut didatangi oleh kakek Si Pahit Lidah yaitu untuk meminta api kepada pemilik perahu. Namun sayangnya panggilan dari kakek Si Pahit Lidah tersebut dihiraukan oleh pemilik Perahu. Karena murka kakek tersebut akhirnya mengutuk perahu menjadi batu. Kaka dengan sekejap perahu tersebut berubah menjadi batu.

Alamat: Way Hawang, Kec. Maje, Kab. Kaur, Bengkulu.

5. Pantai Aluran Pandan
Lokasinya sama dengan pantai Kaur yaitu berada di Kaur, Bengkulu. Dibuka selamat 24 jam setiap hari. Pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai yang ada di Bengkulu yang belum banyak di jamah oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju pantai yang belum memadai atau bisa dikatakan cukup sulit dilalui.

Terlepas dari hal tersebut, Pantai Aluran Pandan ini merupakan pantai yang masih asri dan terjaga keasliannya. Pasir pantainya yaitu pasir putih dan juga ada banyak pepohonan kelapa yang berjajar rapi di sepanjang pantai. Bebatuan dan juga karang-karang yang ada di pantai tersebut juga masih asri dan alami. Warna air dari pantai ini yaitu hijau menandakan bahwa pantai ini memang masih sangat minim dikunjungi oleh para wisatawan.

Alamat: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.


Sumber: https://www.andalastourism.com/tempat-wisata-bengkulu

Histats